loading...

Anjuran Memakai Masker

Sesuai dengan Virtual Press Coference yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) pada tanggal 30 Maret 2020, salah satu pembicara dari WHO Dr. Michael Ryan menyatakan, secara umum WHO merekomendasikan penggunaan masker yang dilakukan oleh masyarakat luas adalah untuk mencegah individu tersebut untuk menularkan penyakit ke orang lain.

Sejalan dengan rekomendasi tersebut, pada hari ini 06 April 2020, secara resmi Presiden Jokowi mengumumkan kewajiban penggunaan masker saat berada di luar rumah.

Berikut penjelasan masker-masker yang beredar saat ini:

1.     Masker Motor

Masker motor merupakan masker yang sering digunakan saat menaiki kendaraan bermotor. Masker ini berfungsi untuk menyaring debu dan polusi di jalan raya. Masker ini juga dapat mencegah penyebaran virus Corona.

2.     Masker Bedah

Masker Bedah memiliki 3 lapisan (anti air, filter dan penyerap cairan) yang sangat berfungsi pemakai nya dari pencegahan virus Corona namun masker bedah hanya dapat untuk penggunaan sekali pakai jika sudah selesai sebaiknya di buang dan juga masker jenis ini diperuntukkan untuk tenaga medis.

3.     Masker N95

Masker N95 merupakan masker yang diprediksi dapat mencegah virus Corona hingga 95% dikarenakan dapat menyaring partikel besar. Masker jenis ini juga diperuntukkan hanya untuk tenaga medis.

4.     Masker N99 dan N100

Diatas masker N95 dapat menggunakan Masker N99 dan N100 yang mampu menyaring udara hingga 99% untuk masker N99 dan 100% untuk masker N100. Namun masker ini cukup mahal dan terbatas, oleh karena itu, masker ini hanya diperuntukkan untuk tim medis.

Nah bagaimana penggunaan masker untuk masyarakat luas?

Untuk mengantisipasi kelangkaan masker medis, pemerintah menginstruksikan untuk menggunakan masker kain apabila akan berkegiatan diluar. Masker kain yang digunakan lebih baik menggunakan lapisan kain hingga ketebalan 2-3 lapis kain.

 

Sumber:

https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/transcripts/who-audio-emergencies-coronavirus-press-conference-full-30mar2020.pdf?sfvrsn=6b68bc4a_2

https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4880643/5-jenis-masker-untuk-cegah-virus-corona

https://nasional.kompas.com/read/2020/04/06/05491111/masker-yang-kini-diwajibkan-untuk-cegah-penularan-corona?page=3

Terhubung Dengan Kami