loading...

Penumpang Keberangkatan

Bagaimana saya mempersiapkan perjalanan saya ?

1.  Pastikan bahwa kepentingan perjalanan Anda adalah mendesak.

2.  Cek kondisi Negara / Daerah tujuan anda dan pastikan Negara / Daerah tersebut dapat menerima kunjunganAnda. Untuk mengetahui apakah bandara tujuan melayani penerbangan atau tidak, dapat anda check disini.

3.  Dapatkan informasi yang lebih lengkap tentang Anjuran Perjalanan disini.

4.  Pastikan Anda sudah membawa Surat hasil Tes Covid19 dan menunjukkan hasil negatif.

5.  Bekali Anda dengan informasi cara mengatasi risiko tertular COVID-19. Beberapa tips dapat anda ketahui disini.

6.  Unduh dan aktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada telpepon seluler anda.dapat anda download disini


Apakah Pengguna Jasa Bandar Udara, khususnya yang melakukan penerbangan, dapat datang lebih awal ke Bandara ? 


1.  Kepada seluruh pengguna jasa Bandar Udara yang melakukan penerbangan sebaiknya tetap datang lebih awal ke Bandara 3 – 4 jam sebelum keberangkatan,

2.  Apabila ada informasi yang belum cukup jelas, dapat menghubungi Contact Center 138 atau Contact Center Maskapai Penerbangan,

3.  Patuhi prosedur kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19.


Bagaimana jika saya sedang sakit flu misalkan, apakah saya masih bisa terbang ?


1.  Penumpang akan di skrining suhu dengan menggunakan Thermal Scanner dan Thermal Gun terlebih dahulu. Jika suhu tubuh >37.5C maka dilakukan proses wawancara dan anamnesa oleh dokter untuk menentukan apakah Anda dapat melanjutkan perjalan atau tidak.

2.  Kami himbau agar para penumpang untuk tidak keluar rumah kecuali untuk urusan yang mendesak dan selalu mematuhi anjuran pemerintah.


Bagaimana jika perjalanan saya terpengaruh ?    


Persebaran COVID-19 sudah terjadi di berbagai tempat.Beberapa Negara sudah membatasi atau menutup jalur perlintasan. Untuk perubahan atau pembatalan tiket perjalanan, Anda dapat menghubungi maskapai atau travel agent Anda.


Masih bolehkah saya pergi ke luar negeri ?           


Semenjak COVID-19 menjadi pandemi,setiap negara memberlakukan kebijakan pembatasan tersendiri. Sebaiknya Anda harus memahami kebijakan negara tujuan terlebih dahulu. Informasi ini dapat diperoleh di laman ini . Untuk infotmasi keberangkatan Internasional dapat melihat infografis berikut.



Dimanakah saya dapat melihat jadwal penerbangan terbaru ?    


Anda dapat melihat jadwal penerbangan melalui website maskapai maupun travel agent Anda, serta melalui aplikasi InAirport yang tersedia dalam versi Android dan iOS.


Apakah saya masih bisa melakukan penerbangan Domestik ?


Berdasarkan SE Nomor 9 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, telah dilakukan pembatasan perjalanan oleh pemerintah, dimana warga yang hendak berpergian harus memiliki keterangan bebas covid19. baik itu dengan tes Rapid atau tes PCR. Selain itu, prosedur dapat dilihat pada infografis berikut.



Prosedur bagi penumpang yang melakukan perjalanan?

  1. Titik layanan keberangkatan hanya terdapat di 2 titik yaitu di Terminal 2 – Gate 4 dan Terminal 3 – Gate 3. Di setiap titik terdapat Posko Pengendalian Percepatan Penanganan COVID-19, yang menjadi bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.
  2. Masih di posko yang sama calon penumpang pesawat wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) dan formulir penyelidikan epidemiologi yang diberikan personel KKP.
  3. Jika seluruh berkas lengkap dan HAC serta formulir epidemiologi sudah diisi, selanjutnya calon penumpang menunjukkan hasil tes COVID19 kepada petugas KKP, yang akan divalidasi oleh KKP
  4. Calon penumpang kemudian menuju konter check-in untuk mendapat boarding pass.
  5. Setelah dari konter check-in, penumpang kemudian menuju Security Check Point 2. Di SCP 2 ini, personel Aviation Security akan memeriksa calon penumpang pesawat, boarding pass, dan identitas diri.
  6. Penumpang kemudian menuju boarding lounge



Prosedur apa yang harus saya lalui ketika saya merasa sakit saat tiba di Terminal Keberangkatan ?


Prosedur yang akan dilalui oleh para penumpang di Terminal keberangkatan adalah:

1.  Petugas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh di area yang sudah ditentukan,

2.  Mencuci tangan menggunakan airdan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol yang tersedia. Penumpang jugadiarahkan untuk melalui fasilitas walk through disinfektan,

3.  Menggunakan masker apabila sedang sakit flu atau batuk.Perhatikan cara menggunakan masker dengan benar,

4.  Memperhatikan etika ketika batuk / bersin,

5.  Menghubungi petugas kesehatan yang tersedia di area kedatangan internasional ketika merasa sakit untuk mendapatkan pertolongan / perawatan.

Terhubung Dengan Kami