loading...

Prosedur Kedatangan Luar Negeri

PROTOKOL KESEHATAN PENANGANAN KEPULANGAN WNI DAN KEDATANGAN WNA DARI LUAR NEGERI DI PINTU MASUK NEGARA DAN WILAYAH PADA SITUASI PEMBATASAN SOSIAL BERSEKALA BESAR (PSBB)


Diperbaharui tanggal 27 Mei 2020


berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/338/2020, maka prosedur  penanganan di Pintu Masuk adalah sebagai berikut :


1. Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di  Pintu Masuk Negara dan di Wilayah pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dilaksanakan dengan mengikuti prosedur kekarantinaan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan tambahan yang berlaku di Indonesia.


2. Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara:

a. Melakukan sosiaisasi kepada setiap WNI dan WNA untuk menerapkan prinsip- prinsip pencegahan dan pengendalian COVID-19 dengan melakukan Physical Distancing, selalu memakai masker, dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

b. Dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan di pelabuhan/bandar udara/PLBDN kedatangan melakukan validasi terhadap health certificate yang dibawa  oleh WNI dan WNA. Health certificate dalam Bahasa Inggris dan berlaku maksimal 7 hari sejak diterbitkan oleh fasilitas kesehatan dari negara asal.

c. Terhadap WNI dan WNA dilakukan:

1) Pemeriksaan kesehatan tambahan, yang meliputi:

a) Wawancara

b) Pemeriksaan suhu, tanda dan gejala COVID-19

c) Pemeriksaan Saturasi Oksigen

d) Pemeriksaan Rapid Test

2) WNI dan WNA dengan hasil pemeriksaan Rapid test nonreaktif:

a) Diberikan klirens kesehatan oleh petugas kesehatan di fasilitas karantina.

b) Membawa Health Alert Card (HAC) yang sudah diberikan di pintumasuk.

c) Dapat melanjutkan perjalanan ke daerah asal atau  tempat  tujuan dengan membawa surat jalan dari pihak Satgas Penanganan COVID-19 setempat, dan selalu menerapkan protokol kesehatan  termasuk memakai masker selama perjalanan. Perjalanannya ke daerah  asal dapat difasilitasi oleh pemerintah.

d) Melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari, menerapkan phyisical distancing, memakai masker, dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

e) Untuk WNI, klirens kesehatan diserahkan kepada RT/RW  setempat  yang selanjutnya diteruskan kepada Puskesmas setempat agar dilakukan pemantauan selama masa karantina mandiri di rumah.

f) Untuk WNA, klirens kesehatan diserahkan kepada pihak perwakilan negaranya untuk selanjutnya diteruskan kepada dinas kesehatan kabupaten/kota setempat agar dilakukan pemantauan selama masa karantina mandiri.

g) Dalam hal WNA tidak memiliki perwakilan negaranya di Indonesia  atau di tempat tujuan tidak terdapat kantor perwakilan negaranya maka WNA melapor ke kantor kesehatan pelabuhan setempat yang berada pada tempat yang dituju,untuk selanjutnya diteruskan kepada dinas kesehatan kabupaten/kota setempat agar  dilakukan  pemantauan selama masa karantina mandiri.


3) WNI dan WNA dengan hasil pemeriksaan Rapid test reaktif, dilakukan pemeriksaan RT-PCR.

a) Jika tidak dapat dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan RT-PCR di pintu masuk, dapat dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan RT-PCR pada saat masuk  di tempat/ fasilitas karantina oleh petugas kesehatan, dan spesimen dikirim ke laboratorium atau fasilitas kesehatan yang memiliki kemampuan pemeriksaan RT-PCR di wilayah setempat.

b) Jika didapatkan hasil pemeriksaan RT-PCR negatif  COVID-19  dan tidak ditemukan penyakit dan/atau faktor risiko pada pemeriksaan kesehatan, dapat melanjutkan perjalanan ke daerah asal atau tempat tujuan dengan mengikuti ketentuan pada angka 2) di atas.

c) Jika didapatkan hasil pemeriksaan RT-PCR positif COVID-19:

(1) Untuk WNI, dilakukan tindakan isolasi mandiri atau rujukan ke Rumah Sakit Darurat/Rumah Sakit Rujukan di wilayah setempat berdasarkan kondisi kesehatan pasien pada saat pemeriksaan tambahan, dengan mengikuti ketentuan yang ada di  dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus  Disease 2019 (COVID-19) yang ditetapkan oleh Menteri. Rujukan dilakukan dengan menerapkan protokol rujukan penyakit infeksi.

(2) Untuk WNA yang memiliki komorbid atau memiliki gejala demam dan/atau salah satu gejala penyakit pernafasan, dilakukan tindakan rujukan ke Rumah Sakit Darurat/Rumah Sakit Rujukan di wilayah setempat dengan menerapkan protokol rujukan penyakit infeksi.

(3) Untuk WNA yang tidak memiliki komorbid atau tidak memiliki gejala demam dan/atau salah satu gejala penyakit pernafasan, dilakukan karantina di tempat/fasilitas karantina.


3 Ketentuan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara pada angka 2 diatas berlaku untuk penanganan kru pesawat atau kru kapal baik WNI atau WNA di Pintu masuk negara.


4. Terhadap alat angkut yang ditemukan pelaku perjalanan dengan hasil Rapid Test reaktif atau adanya informasi awal bahwa terdapat penyakit dan/ atau faktor risiko kesehatan di alat angkut, dilakukan tindakan disinfeksi oleh KKP.


5. Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di Wilayah, dilakukan sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang ditetapkan oleh Menteri.


6. Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020 tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA Dari Luar Negeri Di Pintu Masuk Negara Dan Di Wilayah Pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi.


102 Comments

  • 15 May 2020 16:46:34

    untuk karanrina nya dan tes pcr nya itu dikenakan biaya tidak ya ? karena karantina kan lama, mohon kejelasannya

    • 17 May 2020 08:08:50

      Hi Tari, Untuk Karantina yang dilakukan oleh pemerintah, sesuai dengan SE Nomor HK.02.01/MENKES/3/3/2020, biaya yang timbul (tempat, akomodasi, transportasi) semua ditanggung oleh pemerintah atau pihak lainnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk tes PCR yang dilakukan terhadap penumpang kedatangan, AP2 tidak melakukan penarikan biaya

  • 17 May 2020 18:08:15

    mohon maaf saya agak bingung sm artikel ini, kalau yang pulang dari luar negri dan ada bawa surat kesehatan dan juga surat negatif covid-19, sesampai di indo itu akan di karantina? atau di karantina mandiri dirumah? karena pasal 7 keterangan nya sm 9 berbeda saya agak bingung dan tidak mengerti, tolong dibantu ya thanks

    • 19 May 2020 09:15:23

      Hi Chamberlin, Untuk Pasal 7, karantina dilakukan sementara samabil menunggu hasil tes keluar. Jika sudah dan hasilnya negatif, maka bisa melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan. lantas melakukan karantina mandiri di rumah untuk pencegahan lebih lanjut. sementara pasal 9, akan dilakukan karantina oleh petugas pemerintahan jika hasil tes menunjukkan ada gejala COVID19 dan tidak dapat melanjutkan ke tujuan hingga masa karantina selesai. terimakasih

  • 19 May 2020 08:24:16

    Apakah menjamin saya tidak akan dikarantina kalau saya sudah membawa dokumen2 yang dibutuhkan seperti health certificate, SURAT KETERANGAN JALAN, DAN TErbukti negatif dari tes bandara? Karena saya dapat info dari berbagai sumber tetap dikarantina meskipun sudah membawa dokumen2 tsb. mohon kepastiannya.

    • 19 May 2020 16:52:21

      Hi Hansen, Karantina mandiri tetap dilaksanakan di rumah masing-masing jika seluruh dokumen yang anda bawa menunjukkan hasil bebas Covid-19

  • 19 May 2020 12:39:39

    Kalau buat transit dari penerbangan internasional ke dalam negeri prosedurnya gimana YA? Apakah testing dilakukan di tujuan AKHIR? Untuk PASal 7, pcr test bisa selesai dalam SEHARI (SEMENTARA)?

  • 19 May 2020 20:08:44

    Aturan ini berlaku hingga kapan ya? mohon info admin. terima kasih.

  • 19 May 2020 20:22:40

    Malam, mau tanya kalo. anak saya plg dari Inggris di bulan Des 2020 msh kena aturan ini tdk?

    • 23 May 2020 08:55:55

      Hi Bapak Raka, Untuk pelaksaan di bulan desember, belum ada ketentuan yang mengatur tentang proses kedatangan dari luar negeri. Sebaiknya menunggu kebijakan pemerintah yang terbaru. terimakasih

  • Era
    20 May 2020 03:37:58

    ini berlaku hanya utk WNA yg sdh punya Kitas/kitap atau berlaku utk semua wna?

  • 20 May 2020 06:26:56

    Saya bingung dengan istrilah certificate health karena diluar negeri contohnya di california tempat saya tinggal sekarang tidak ada hal seperti itu. saya sudah tanyakan ke beberapa rs . Mereka hanya mengeluarkan hasil pemeriksaan pcr . Apakah hasil pemeriksaan pcr tersebut dapat digunakan sebagai certificate health

    • 27 May 2020 09:34:32

      Hi Carissa, bisa juga digunakan surat keterangan sehat. untuk surat keterangan bebas covid tetap digunakan. terimakasih

  • 20 May 2020 23:22:23

    Untuk pasal 7: "WNI dapat menunggu sementara di tempat fasilitas karantina yang disiapkan sampai hasil pemeriksaan PCR keluar." - seberapa lama wni harus menunggu di tempat fasilitas karantina sampai hasil pemerikasaan PCR keluar? Beberapa Jam atau Beberapa hari?

    • 27 May 2020 09:18:18

      Hi Geneva, proses waktu menunggu akan menyesuaikan dengan proses uji yang dilakukan oleh pihak gugus tugas. dan bisa berlangsung beberapa hari. terimakasih

  • 21 May 2020 12:59:08

    1. Apakah ada bentuk format health certificate yang harus di ikuti? 2. fasilitas tunggu sementara untuk menunggu hasil test pcr di mana? 3. Berapa lama harus menunggu hasil test? 4. apakah masing2 orang 1 ruangan ato ruang tunggu umum? 5. Bagaimana dengan keamanan, kebersihan dan sirkulasi udara di ruangan tsb agar virus tidak menyebar ke orang/penumpang lain? Terima kasih

    • 27 May 2020 09:25:49

      Hi Pak Herry, untuk health certificate belum ada format khusus dari kemenkes, untuk menunggu hasil tes, mengikuti arahan dari pemerintah (contoh wisma atlet pademangan), dalam menunggu hasil tes, bisa beberapa hari tergantung lamanya proses uji lab yang dilakukan pemerintah. pengaturan dalam karantina sesuai protokol kesehatan yang diterapkan oleh kementrian kesehatan. terimakasih

  • 21 May 2020 16:10:29

    PADA POIN NO. 9 A DISEBUTKAN BAHWA FASILITAS KARANTINA DISIAPKAN OLEH PEMERINTAH ATAU OLEH PIHAK LAIN. APAKAH YANG DIMAKSUD dengan pihak lainya tsb? apakah saya bisa melakukan pemeriksaan kesehatan atau karantina dengan health insurance yang ditunjuk oleh perusahaan tempat saya bekerja seperti international sos?

    • 27 May 2020 07:41:41

      Hi Jundan, yang dimaksud pihak lain adalah pihak yang telah mendapat persetujuan dari pemerintah ataupun gugus tugas untuk melaksanakan karantina. terimakasih

  • 21 May 2020 16:37:50

    Ada 17 comments di artikel ini. Tapi kami tidak bisa melihat semua comments nya dan mgkn comment saya yang saya kirim. Bisa tolong di perlihatkan semua comments di article ini?

    • 27 May 2020 09:43:08

      mohon maaf komen baru bisa terlihat setelah komen tsb dibalas oleh admin, seluruh kebijakan memperlihatkan komen dan jawabannya ada pada PT Angkasa Pura II (Persero), terimakasih

  • lyn
    21 May 2020 20:20:41

    setelah isolasi mandiri apa kita mendapatkan surat bahwa telah melakukan isolasi? misalnya isolasi dilakukan di hotel atau apartemen atau lokasi bukan tempat tinggal.

  • 21 May 2020 23:45:34

    Hello, Waktu mendarat di bandara soekarno hatta, apakah pemeriksaan dokumen (health certificate, hasil pcr etc) dilakukan di bandara atau di tempat karantina? Seandainya sudah membawa semua surat bebas covid-19, apakah Tetap peRlu ke tempat karantina atau Diperiksa di bandara saja? Terima kasih.

    • 27 May 2020 07:39:33

      hi Anna, proses pemeriksaan dokumen dilakukan di bandara Soerkarno Hatta. jika tidak ditemukan gejala saat dilaksanakan tes kesehatan, maka bisa melakukan karantina mandiri di tempat tinggal. terimakasih

  • 22 May 2020 17:17:32

    Hi,Saya mau Tanya APABILA SAUDARA saya dari amerika tidak Ada health certificate Dikarenakan kedubes Indo diamerika tutup Dan dari maskapai penerbangan juga tidak memberitahukan perihal health certificate itu prosedurnya bagaimana ya? Dan Saya dengar dikarantina berhari2 untuk menunggu hasil swap test bercampur dengan smua org apakah tidak rawan YG sehat bercampur dengan tidak sehat?Mohon DIBANTU

    • 27 May 2020 07:37:01

      Hi Sofie, Sodara dapat melakukan perjalan ke Indonesia, tetapi termasuk kategori WNI yang tidak memiliki surat terkait. sehingga akan dilakukan proses karantina yang tempatnya telah ditentukan oleh gugus tugas. lokasi karantia tentu sudah dilakukan prosedur sesuai arahan kemenkes. terimakasih

  • 23 May 2020 04:51:13

    Selain wisma atlet sebagai Pilihan tempat karantina, apakah kita mempUnyai piliham N untuk stay di hotel (tidak di wisma atlet) untuk menunGgu hasil pcr test ?

    • 27 May 2020 08:28:19

      Hi Ditha, untuk pilihan tempat karantina hanya di tempat yang telah ditentukan oleh pemerintah. terima kasih

  • 25 May 2020 12:35:53

    ADA UPDATE BERITA TERBARU KAH PAK/IBU ? DARI INFO YG SAYA DAPAT, BAHWA KEDATANGAN LN TANPA HEALTH CERTIFICATE AKAN DI KARANTINA 4 HARI, APA DEMIKIAN? JIKA begitu, APA PENERBANGAN LANJUTAN KE DAERAH ASAL SAYA OTOMATIS DITUNDA SAMPAI MASA KARANTINA BERAKHIR OLEH AP, ATAU SAYA HARUS URUS SENDIRI ?

    • 27 May 2020 10:04:56

      Hi Pak Arnold, kedatangn dari Ln akan dilakukan Karantina jika tidak membawa Health cetificate, dan berapa lamanya akan menyesuaikan hasil uji tes covid yang dilakukan terhadap penumpang. Untuk pengurusan tiket, bisa dikonsultasikan dengan pihak maskapai yang bapak gunakan. Terimakasih.

  • 25 May 2020 16:51:16

    Maaf saya Belum terlalu paham dengan rapid test / pcr tersebut , Menunggu hasil rApid test / pcr apa itu memebutuhkan waktu yang Lama ? Apa harus menunggu berhari hari untuk mendapatkan hasil Nya ?

    • 27 May 2020 07:26:21

      Hi Hanisyah, Untuk pelaksanaan tes Rapid, hasil dapat diketahui dalam hari yang sama. tetapi untuk PCR, hasil yang dibutuhkan lebih lama tergantung kapasitas dan kemampuan lab yang melaksanakan tes tersebut. terimakasih

  • 26 May 2020 12:20:22

    jika wna yaNg berkunjung ke indo, apakah mereka melakukan karantina mandiri juga? dan apakah tempat nya terserah?

    • 27 May 2020 07:20:26

      Hi Deby, Apabila syarat kedatangan WNA sudah dipenuhi, dan menunjukkan hasil tes negatif. maka WNA melaukan karantina secara mandiri saat sudah tiba di daerah tujuan. untuk lokasi pelaksanaan karantina dapat ditentukan sendiri, jika tidak ada peraturan yang mengatur di daerah tujuan. terimakasih

  • 26 May 2020 20:05:12

    Apakah prosedur berlaku di Ngurah Rai? Trims

    • 27 May 2020 06:59:08

      Hi Pak Khalid, Prosedur yang diterapkan di Soekarno-hatta merupakan penerapan peraturan dari protokol kesehatan yang ditetapkan oleh kemenkes. Hal ini tentu juga berlaku di Bandara lain di Indonesia tetapi dengan tambahan peraturan daerah terkait. untuk lebih jelasnya, bisa ditanyakan ke bandara terkait ya pak atau melaui contact centre @angkasapura172. terimakasih

  • 27 May 2020 09:13:51

    KalO saya dR batam kejkt untuk Jemput anak(sydney-jkt) Di soetta dan pulang pada harI yg sama apakah perlu juga dokumen spt health certificate, hasil rapid test atao suRat” lainnya??

    • 27 May 2020 09:47:09

      Hi Christ, untuk melakukan perjalanan pada masa pandemi, tetap diperlakukan protokol sesuai dengan SE no 4 & 5 dari gugus tugas. terimakasih

  • 27 May 2020 18:36:23

    Halo saya ingin tanya, jika wna amerika datang ke indo dari singapUra, dan tidak membawa Hasil pcr (karena di singapura tidak dapat melakukan pcr test kecUali memang sAkit), apakah tempat karantina untuk menunggu hasil pcr nya dapat dipilih sendiri? (Seperti di hotel), dan Berapa lama perkiraan untuk Karantina menunggu hasil pcr? Terimakasih

    • 28 May 2020 16:15:15

      Hi Grandis, untuk tempat karantina akan mengikuti ketentuan dari gugus tugas, durasi tergantung dari lama proses di Lab terimakasih.

  • 28 May 2020 05:29:42

    Hallo, Maaf jika bhs. Indonesia saya agak berantakan. Saya wna dan planing july akan pulang ke indonesia. Saya pemegang kitap seumur hidup. Apakah saya cukup membawa surat kesehatan dari belanda saat hendak masuk ke indOnesia? dan bila semua Pengecekan kesehatan negatif saya dapat pulang langsung menuju rumah saya di bogor pada hari yg sama? Terimakasih sebelumnya. Salam hangat dari belanda

    • 28 May 2020 20:10:58

      Hi de Jong, jika semua persyaratan dan hasil pemeriksaan negatif dan sehat, akan diperbolehkan melanjutkan perjalanan. namun tetap melaksanakan karantina mandiri di daerah tujuan. Terimakasih.

  • 28 May 2020 19:47:56

    SELAMAT MALAM BAGAI MANA PROSEDUR BAGI TKI YG BARU BALIK DARI LUAR NEGERI APAKAH HARUS MENJALANI KAUARANTIN SELAMA 3 HARI JUGA PADAHAL SEBELUMNYA SUDAH MENGANTONGI HASIL TEST PCR COVID-19 NEGATIF YANG SEBELUMNYA TELAH MENJALANI TEST DI LUAR NEGERI TERSEBUT

    • 29 May 2020 10:30:31

      Hi Miftahul, berdasarkan surat kemenkes HK.02.01/MENKES/338/2020. apabila telah lengkap persyaratan dan pemeriksaan tambahan telah dilalui dan sehat, maka dapat melanjutkan perjalanan dan karantina mandiri di daerah tujuan terimakasih

  • 28 May 2020 21:01:23

    Untuk wna jepang yang tidak membawa hasil pcr test, Apakah perjalanan ke wisma atlet untuk Pcr test diantar petugas atau naik kendaraan pribadi? Dan apakah disediakan interpreter yang membantu komunikasi dalam menjalani prosedur pcr test tsb? Dan selama menunggu hasilnya harus karantina di penginapan yang dirujuk pemerintah, apakah ini maksudnya ruangan yang ada di wisma atlet atau hotel?

    • 29 May 2020 10:21:51

      Unutk perjalanan menuju tempat karantina, akan difasilitasi oleh Gugus tugas. ruangan karantina sesuai dengan yang ditunjuk oleh pemerintah salah satunya adalah wisma atlet. terimakasih

  • 28 May 2020 23:23:49

    Hai, apakah health certificate sama dengan hasil pcr test? jika sudah ada hasil pcr test apa tetap perlu menyiapkan health cetificate lagi? atau 2 dokumen itu sebenarnya bisa hanya dengan hasil pcr tes saja? thanks

    • 29 May 2020 10:25:26

      Hi Dewi, untuk Health certificate dan hasil rapid tes berbeda. karena rapid tes hanya mnenyatakan anda bebas covid atau tidak. terimakasih

  • 29 May 2020 21:00:30

    Hai, saya ingin bertanya apakah aturan health certificate yang disiapkan wni/wna yang datang dari luar negri masih harus menyantumkan pcr negatif ? sebab di se kemenkes no. 332 tdak disebutkan detail seperti pada no. 313

    • 30 May 2020 05:54:01

      Hi Mawar, untuk persyaratan hasil tes PCR tetap dicantumkan terimakasih.

  • 30 May 2020 00:57:42

    Halo, saya ingin tanya. saya pelajar dari Amerika serikat dan wni. haruskah saya bahwa surat keterangan dari sekolah dan embassy? ADA BEBERAPA SUMBER YANG BILANG GITU TAPI SAYA TIDAK LIHAT PENGUMUMAN OFFICIAL SEPERTI ITU. dan juga, saya udah lulus, ga bersekolah lagi. hasil pcr test sudah dapat, jadi adakah dokumen lain yang saya harus menunjukkan?

    • 30 May 2020 05:37:30

      Hi Rafa, sesuai SE no 4 dan 5 dari gugus tugas. untuk pelajar harus menyertakan surat keterangan dari institusi pendidikan terimakasih

  • 30 May 2020 04:16:46

    Ijin bertanya: Saya, suami dan anak anak usia 8thn dan 4 thn akan pulang ke indo akhir juni dari belanda. Cukupkah kami berdua yg test pcr? Apakah anak anak kami juga wajib di pcr (sy kasian krn masih balita dan anak anaK)

    • 30 May 2020 05:33:44

      Hi bu Wahidati, untuk tes tetap diberlakukan terhadap semua WNI ya bu. terimakasih

  • 01 Jun 2020 22:40:55

    Selamat malam Tgl 4 juni mendatang saya akan pulang dari Jepang. di jepang saya tidak dapat pcr test KRN di jepang tidak memberikan test pcr kecuali ada gejala covid-19. tpi saya ADA surat keterangan sehat yg menunjukkan tidak ad gejala utk skrg. ketika tiba di INDONESIA NANTI, RAPID TEST SAJA KAH? BARANG BAGASI DBAWA KE TEMPAT KARANTINA ATAU BOLEH DIKIRIM KE RUMAH?

    • 04 Jun 2020 13:17:06

      Untuk hal terebut dapat dikoordinasikan dengan tim karantina nanti terimakasih

  • 02 Jun 2020 06:15:40

    Kalau perjalanan ke luar negeri (keperluan bekerja) apa saja syarat2nya? Apakah harus rapid test sebelum check in?

    • 03 Jun 2020 10:39:52

      Hi Teguh, untuk keberangkatan ke luar negeri, silahkan mengecek ketentuan di negara tujuan. terimakasih

  • 02 Jun 2020 16:29:28

    Mhn izin nanya,utk kedatangan dari luar negeri ke bandara sh,WNA yg memiliki KITAS Jakarta dan sudah ada Health cert bebas covid PCR,perlu tidak urus SIKM masuk Jakarta?? Tks

    • 03 Jun 2020 09:28:26

      Hi Martin, untk proses ke Jakarta, harus menggunakan SIKM jika berasal dari luar JABODETABEK. Terimakasih

  • 03 Jun 2020 02:37:16

    Ijin tanya tgl 12 juli rencana pulang ke solo dari Dublin Dan transit diJaKArta, masalahnya irlandia tidak mau Memberi covid19 test kecuali ada geJala. Jadi dokter Keluarga hanya bisa test kesehatan dan tdk ada gejala covid. Apa nanti saya akan dikarantina walau sudah bawa health certificate dari dokter? Mohon penjelasannYa. Terima kasih.

    • 03 Jun 2020 08:19:37

      Hi Viane, untuk penerbangan di bulan juli, masih belum ada ketentuan dari pemerintah terkait hal tersebut. namun untuk peraturan yang ada saat ini, anda akan menjalani tes disini dan di karantina sembari menunggu hasil tes. terimakasih

  • 03 Jun 2020 11:30:15

    Teman saya dari jepang, sudah ikuti prosedur kedatangan dari ln. sudah 4 hari ini sudah di karantina di kemayoran (sebuah hotel). informasi awal 1-2 hari hasil test pcr akan keluar dari pemerintah. sampai sekarang jam 11.30 informasi belum ada, informasi hasil pcr juga belum ada. sekarang teman saya 2 orang jepang tersebut pada bingung apakah bisa pulang / keluar dari karantina ? mohon

    • 04 Jun 2020 13:03:50

      Hi Yusup, untuk proses tes dengan PCR memang memakan waktu, untuk mengetahui hasil akan keluar kapan, silahkan koordinasi dengan tim karantina di kemayoran terimakasih

  • 03 Jun 2020 13:38:39

    Untuk Kedatangan di bandara juanda surabaya, apa prosedurnya sama? Dan kalau dikarantina, dimana tempatnya?

    • 04 Jun 2020 13:02:06

      Untuk kedatangan di wilayah surabaya, bisa berkoordinasi dengan otoritas setempat. atau hubungi Contact Center Angkasa Pura Airport di 172 terimakasih

  • 03 Jun 2020 14:07:40

    mOHON TANYA APABILA WNA DATANG DAN SUDAH MEMBAWA HEALTH CERTIFICATE DAN PUNYA KITAS BERLAKU UNTUK DOMISILI BEKASI, SAAT MENDARAT DI SOETTA APAKAH AKAN DICEK SKIM YA?

    • 04 Jun 2020 12:57:56

      Hi Dhika, untuk tujuan akhir yang tidak ke DKI, tidak harus membawa SIKM Terimakasih

  • 04 Jun 2020 11:46:06

    Mau nanya, apa kalau sudah mempunyai surat negatif pcr dari negara asal, apa harus test rapid lagi di bandara pada saat kedatangan? apa rapid test itu bayar di bandara pada saat kedatangan? terima kasih

    • 04 Jun 2020 12:54:05

      Hi stephani, tidak. hanya akan dilakukan pengecekan tambahan seperti kondisi fisik dan wawancara. terimakasih

Leave a comment